Jurus Ampuh Melepaskan Stres

Disadari atau tidak, permasalahan kecil yang sering kamu alami sehari-hari, seperti terjebak kemacetan, deadline pekerjaan yang makin menumpuk, tagihan kosan, kartu kredit, dapat memicu stres.

Jika kondisi itu terus dibiarkan, bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penuaan dini, hingga kanker.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengurangi tekanan akibat permasalahan sehari-hari. Kamu bisa memulainya dengan melakukan kegiatan sederhana yang disukai, seperti berolahraga, menyantap makanan favorit, dan masih banyak lagi.

Menariknya sebuah studi dari Universitas Sussex, Inggris pada 2009 menemukan, membaca buku mampu mengurangi tingkat stres seseorang hingga 68%. Kegiatan ini terbukti bekerja lebih cepat daripada metode relaksasi lainnya.

Selain membaca buku, kegiatan lain yang dinilai dapat mengurangi stres, yakni membaca buku, mendengarkan musik, berjalan kaki, hingga bermain video game. Hasilnya, membaca buku menjadi aktivitas paling berpengaruh untuk mereduksi stres.

Sementara itu, mendengarkan musik dapat menurunkan tekanan sebesar 61 %, menyesap secangkir teh atau kopi mampu mengurangi hingga 54 %, dan berjalan kaki 42 %.

Hal tak terduga yang diungkapkan dalam riset itu adalah bermain video game dapat menurunkan tingkat stres hingga 21 %, tetapi di sisi lain aktivitas ini justru meningkatkan detak jantung.

Artinya, kamu tidak bisa mencapai tahap relaksasi dengan bermain game.

Masih menurut hasil penelitian itu, penurunan level stres bisa terjadi karena saat membaca buku kamu seakan diajak untuk memasuki dunia baru yang akan mengalihkan perhatian dari hal-hal penyebab tekanan dan kekhawatiran.

salah satu peneliti dan ahli saraf Mindlab International di Sussex, Dr. David Lewis mengatakan, tidak ada batasan soal bacaan apa saja yang mampu menurunkan tekanan dari penatnya aktivitas sehari-hari.

 “Benar-benar tidak masalah buku apa yang dibaca. Dengan menenggelamkan diri dalam buku yang sangat mengasyikkan, kamu bisa melarikan diri dari kekhawatiran dan tekanan dunia sehari-hari, serta menghabiskan waktu menjelajahi imajinasi penulis,” ucap David dalam hasil penelitiannya.

Artinya, kamu bisa membaca apapun yang disukai untuk mengurangi tingkat stres. Entah itu membaca novel, komik, koran, majalah, hingga buku pengembangan diri.

Share: