Untuk Apa Kita Menabung?

Masalah niat adalah sesuatu yang sepele, namun punya efek yang sangat besar. Niat bagaikan lokomotif yang mengerakkan kereta. Kemana arahnya, cepat lambatnya sangat di pengaruhi olehnya. Seperti itu pula niat kita menjadi penabung dan semua hal yang terlibat di dalam aktivitas perekonomian. Beragam niat yang terbesit sejak awal akan sangat menentukan bagaimana kita menjalani kegiatan tersebut.

Maka pertanyaan mendasar yang perlu di jawab oleh siapa saja yang terlibat di dalam dunia perekonomian adalah, “untuk apa kita menabung?” Ada yang karena ingin membersiapkan hari esok, ada yang karena kelebihan uang, dan ada juga yang hanya untuk gaya-gayaan agar rekening tabungan nominalnya banyak.

Berikut beberapa pendapat tentang menabung;

  1. Hardiyah, penjual sayuran di pasar Ngipik yang kebetulan sudah menjadi penabung aktif di KSPPS HANIVA sejak tahun 2007, memaparkan bahwa menabung adalah sebuah upaya dalam mempersiapkan uang untuk kebutuhan yang mendesak dan tidak bisa diprediksi sama sekali.Ia mencontohkan pada saat harga-harga sayuran naik, ia bisa mengambil tabungan untuk menutupi kekurangan dalam belanja barang yang di jualnya di pasar.
  2. Secara terminologis, menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan. Menabung merupakan salah satu cara dalam mengelola keuangan untuk mencapai keinginan. Hal ini sejalan dengan yang tertera dalam KKBI dengan definisi menabung itu sendiri memiliki 1 arti. Menabung tersebut berasal dari kata dasar yakni tabung. Menabung itu memiliki arti kedalam golongan atau kelas kata kerja (verba) sehingga menabung bisa menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.
  3. Ada juga definisi menabung menurut akademisi dengan pengertian; sebagian pendapatan yang disisihkan dan tidak dikonsumsi yang biasanya disimpan melalui satu bank tertentu dengan tujuan untuk persiapan investasi di masa yang akan datang. Tabungan ini termasuk investasi yang sangat penting bagi sebagian orang, karena dengan memiliki tabungan seseorang sudah mempunyai persiapan untuk masa depan.
  4. Seorang begawan ekonomi, Soemitro Djojohadikusumo, mendefinisikan menabung sebagai kemampuan dan kesediaan untuk menahan nafsu konsumsi selama beberapa waktu agar di masa depan terbuka kemungkinan konsumsi yang memuaskan.

Terlepas dari semua pendapat di atas, kita bisa menyimpulkan bawasannya menabung merupakan tindakan yang yang positif. Memilih KSPPS HANIVA sebagai tempat menabung merupakan tindakan yang sangat tepat dalam rangka memenuhi kebutuhan mendasak kita. KSPPS Haniva sebagai koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syari’ah melayani berbagai jenis simpanan dan tabungan serta deposito bagi keluarga muda, investor, lembaga pendidikan dan berbagai kalangan masyarakat pedesaan lainnya.

Ada beberapa kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan menabung di KSPPS dan BMT lain. Contohnya pelayanan antar jemput, tanpa potongan administrasi bulanan, biasa di ambil sewaktu-waktu dan adanya undian berhadiah setiap tahunya. So, jangan ragu dan bimbang untuk menabung di KSPPS HANIVA karena sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam kegitan perekonomin, Anda tinggal pilih produk simpanan aktif atau simpanan berjangka. Daftarnya pun sangat mudah, bisa dilakukan dalam genggaman anda, seperti dalam handphone pintar anda… coba sekarang yuks…!

Share: